Media Sosial

*Pengertian Media Sosial

Secara umum media sosial merupakan suatu media daring dengan para pemakainya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, yang membuat yang mencakup blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Namun ada pendapat lain dari beberapa para ahli tentang apa itu media sosial.


*Karakteristik Media Sosial

Karakteristik dari media sosial adalah sebagai berikut:

· Partisipasi

Media sosial merupakan sebagai pendorong adanya kontribusi dan umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau memiliki minat memakainya, sampai bisa mengaburkan batas antara media dan audience.

· Keterbukaan

Banyak media sosial yang terbuka untuk umpan balik dan juga partisipasi melalui suatu voting, berbagi dan juga komentar. Kadang-kadang batasan untuk mengakses dan menggunakan isi pesan (perlindungan password pada isi cenderung dianggap aneh)

· Perbincangan

Media sosial sangat mungkin membuat adanya perbincangan ataupun pemakaian secara dua arah.

· Keterhubungan

Banyak media sosial berkembang pesat karena mempunyai suatu kemampuan yang bisa melayani keterhubungan antar pemakainya, melalui suatu fasilitas tautan (links) ke website, sumber informasi dan bagi pemakai lainnnya.


*Fungsi Media Sosial

Terdapat beberapa fungsi dari media sosial, antara lain:

· Untuk meluaskan interaksi sosial manusia dengan memakai internet dan teknologi web

· Melakukan transformasi praktik komunikasi satu arah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (one to many) ke dalam praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many)

· Sebagai dukungan demokratisasi pengetahuan dan juga informasi

· Melakukan transformasi manusia dari pemakai isi pesan menjadi pesan itu sendiri.


*Jenis-Jenis Media Sosial

Kotler dan Keller mengemukakan terdapat tiga platform utama dalam media sosial, yakni:

· Online Communities And Forums

Ada berbagai bentuk dan ukuran komunitas online dan forum, yang mana banyak dibuat oleh pelanggan atau kelompok pelanggan tanpa ada bunga komersial ataupun afiliasi perusahaan. Beberapa komunitas online dan forum ini didukung oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan dan satu sama lain dengan lewan posting, instant, messaging, dan juga chatting yang berdiskusi tentang minat khusus yang dapat berkaitan dengan produk perusahaan dan merek.

· Blogs

Ada sekitar 3 juta pemakai blog dan mereka sangat bervariasi, sebagian dalam bentuk blog priadi untuk teman-teman dekat dan keluarga, dan juga yang lainnya dibuat untuk menjangkau dan mempengaruhi khalayak luas.

· Social Networks

Jaringan sosial sudah menjadi kekuatan yang utama baik pada bisnis konsumen dan juga pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya adalah facebook, messanger, twitter dan lain-lain. Jaringan yang berbeda itu menawarkan manfaat yang berbeda untuk perusahaan.


*Dampak Media Sosial

Suatu media sosial pasti mempunyai suatu dampak baik secara positif ataupun negatif. Berikut adalah dampak dampak dari sosial media:

Dampak Positif media sosial adalah:

· Silaturahim menjadi lebih erat.

· Memberikan ruang untuk berpesan positif. Sosial media sudah banyak dipakai oleh para tokoh agama, motivator, dan juga ulama.

· Hubungan pertemanan menjadi lebih akrab.

Informasi yang tepat dan akurat selalu tersedia.

· Wawasan dan pengetahuan menjadi bertambah.

Dampak Negatif Media Sosial

Dampak secara negatif dari media sosial adalah:

· Penipuan

· Pornografi

· Prostitusi

· Media untuk menyebarkan ideologi yang sangat efektif dan efisien.

· Anak dan remaja menjadi malas belajar untuk berkomunikasi pada dunia nyata.

· Situs jejaring sosial menjadi tempat untuk orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan.

· Remaja dan anak, mudah mengeluarkan bahasa apapun pada media sosial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berpikir Komputasional (tematis)

Perkembangan Komputer